KESIMPULAN
Diskusi
Selasa.25 Oktober 2016
Pertanya'an Diskusi
Sail : Kang Haris
Diskusi
Selasa.25 Oktober 2016
Pertanya'an Diskusi
Sail : Kang Haris
Diskripsi Masalah
ketika sesorang berpuasa sunnah daud. Senin puasa, selasa tidak, rabu Paisa, kamis pas tidak puasa, jumat puasa. Pertanyaannya: Bolehkah hari kamis itu berpuasa, niat puasa kamis.? Cara melanjutkan puasa dawud, apa dimulai jum'at apa hari sabtunya. ??
ketika sesorang berpuasa sunnah daud. Senin puasa, selasa tidak, rabu Paisa, kamis pas tidak puasa, jumat puasa. Pertanyaannya: Bolehkah hari kamis itu berpuasa, niat puasa kamis.? Cara melanjutkan puasa dawud, apa dimulai jum'at apa hari sabtunya. ??
Jawaban :
==> Khilaf
menurut sebagian ulama dan diantaranya Imam Ibnu Hajar: ia fokus puasa daud saja, tdk perlu puasa yg lainnya, dengan alasan lebih baik ia sempurnakan saja puasa daudnya, toh itu puasa yg paling utama sesuai hadits nabi. sedangkan pendapat ulama yg lain dan diantaranya Imam Romli lebih afdhol baginya untuk puasa yang lain juga.
namun biasanya jawaban Imam Ibnu Hajar itu lebih diunggulkan. jadi: fokus aja puasa daud nya.
Pada hari kamis tidak perlu puasa karena sudah termasuk terhitung sunah pada puasa daud nya.dan puasa kembali pada hari jum'at.
dan jika ternyata hari kamis dia tetap berpuasa, maka dilanjutkan puasa daud hari jum'at sebagaimana tertib puasa daudnya.
menurut sebagian ulama dan diantaranya Imam Ibnu Hajar: ia fokus puasa daud saja, tdk perlu puasa yg lainnya, dengan alasan lebih baik ia sempurnakan saja puasa daudnya, toh itu puasa yg paling utama sesuai hadits nabi. sedangkan pendapat ulama yg lain dan diantaranya Imam Romli lebih afdhol baginya untuk puasa yang lain juga.
namun biasanya jawaban Imam Ibnu Hajar itu lebih diunggulkan. jadi: fokus aja puasa daud nya.
Pada hari kamis tidak perlu puasa karena sudah termasuk terhitung sunah pada puasa daud nya.dan puasa kembali pada hari jum'at.
dan jika ternyata hari kamis dia tetap berpuasa, maka dilanjutkan puasa daud hari jum'at sebagaimana tertib puasa daudnya.
ﻗﻮﻟﻪ ﻟﺨﺒﺮﻫﻤﺎ ﺃﻓﻀﻞ ﺍﻟﺼﻴﺎﻡ ﺇﻟﺦ) ﻭﻓﻴﻪ ﺃﻳﻀﺎ ﻟﺎ ﺃﻓﻀﻞ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻧﻬﺎﻳﺔ ﻭﻣﻐﻨﻲ (ﻗﻮﻟﻪ ﻭﻇﺎﻫﺮ ﻛﻠﺎﻣﻬﻢ ﺇﻟﺦ) ﻭﻇﺎﻫﺮ ﻛﻠﺎﻣﻬﻢ ﺃﻳﻀﺎ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻓﻌﻠﻪ ﻓﻮﺍﻓﻖ ﺻﻮﻣﻪ ﻳﻮﻣﺎ ﻳﻜﺮﻩ ﺇﻓﺮﺍﺩﻩ ﺑﺎﻟﺼﻮﻡ ﻛﺎﻟﺴﺒﺖ ﻳﻜﻮﻥ ﺻﻮﻣﻪ ﺃﻓﻀﻞ ﻟﻴﺘﻢ ﻟﻪ ﺻﻮﻡ ﻳﻮﻡ ﻭﻓﻄﺮ ﻳﻮﻡ ﺳﻢ ﻭﺗﻘﺪﻡ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻬﺎﻳﺔ ﻭﺍﻟﻤﻐﻨﻲ ﻣﺎ ﻳﻮﺍﻓﻘﻪ (ﻗﻮﻟﻪ ﻳﻮﻣﺎ ﻳﺴﻦ ﺻﻮﻣﻪ) ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻴﻪ ﻧﺤﻮ ﻋﺮﻓﺔ ﻭﻋﺎﺷﻮﺭﺍﺀ ﻭﺗﺎﺳﻮﻋﺎﺀ ﻭﻓﻴﻪ ﻧﻈﺮ ﻭﺍﻟﻤﺘﺠﻪ ﺃﻥ ﺻﻮﻣﻪ ﺃﻓﻀﻞ ﻭﻟﺎ ﻳﺨﺮﺝ ﺑﻪ ﻋﻦ ﺻﻮﻡ ﻳﻮﻡ ﻭﻓﻄﺮ ﻳﻮﻡ ﺑﺨﻠﺎﻑ ﺳﺘﺔ ﺷﻮﺍﻝ ﻓﺎﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻧﻪ ﻟﺎ ﻳﻄﻠﺐ ﻣﻮﺍﻟﺎﺗﻬﺎ ﻓﺈﻥ ﻣﻮﺍﻟﺎﺗﻬﺎ ﻟﻴﺴﺖ ﻣﺆﻛﺪﺓ ﻛﺘﺄﻛﺪ ﺻﻴﺎﻡ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺄﻳﺎﻡ ﺳﻢ.
Sumber Refrensi :
تحفة المحتاج في شرح المنهاج
ص:٤٥٩
ج : ١
ص:٤٥٩
ج : ١
Wallohu'Alam
( WAG Santri Indonesia )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar