📜 Kesimpulan Diskusi
📆 Jum'at,13 Januari 2017
🕰(20:00-22:00)
⏱120 Menit
👤 Sa'il : Mbak Dina
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📑 Diskripsi Masalah
Adzan dan iqomah adalah suatu hal yang pasti dilakukan oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia pada saat masuk waktu shlat fardhu yang lima waktu, sebagai bentuk ikhbar atau pemberitahuan bahwa telah tiba waktu shlat maktubah tersebut.
Namun, didalam prakteknya adzan dan iqomah ternyata tidak hanya di kumandangkan pada saat shlat lima waktu
📄 Pertanya'an
💁🏻♂
1. Bagaimana jika adzan dan iqamah di kumandangkan sebelum masuk waktu shlat maktubah???
☘☘Sholat Maktubah ialah sholat yang di lakukan lima waktu dalam sehari(sholat lima waktu) shubuh, dzuhur, ashar, maghrib&isya.
Salah satu syarat adzan adalah masuknya waktu, karena adzan merupakan media informasi bahwa waktu shalat telah tiba/masuk, oleh karenanya mengumandangkan adzan sebelum waktunya itu tidak sah kecuali adzan untuk sholat shubuh.
Mengenai seseorang yang mengumandangkan adzan sebelum waktunya rincian hukumnya sebagai berikut :
1⃣Apabila ada maksud untuk ber-adzan sebelum waktunya sementara dia mengerti bahwa waktu shalat belum masuk, maka haram dan termasuk dosa kecil menurut qaul mu'tamad. Dan apabila tidak demikian (tidak mengerti bahwa waktunya belum masuk seperti karena mendung) maka tidak apa-apa.
2⃣Apabila dengan adzan sebelum waktunya dapat menyebabkan orang lain melakukan ibadah maka haram dan termasuk dosa kecil.
Dengan demikian, memandang rincian hukum yang tersebut dan sesuai dengan misal peristiwa yang tersebut di atas, maka mu`addzin itu dihukumi berdosa (dosa kecil) karena dia dinilai gegabah (sembrono - jawa) dalam mengambil tindakan sehingga oleh sebabnya orang lain melakukan ibadah di luar waktunya.
✍🏻✍🏻Keterangan dalam ta'birnya adalah membahas adzan, Adzan sebelum masuk waktu sholat tidak boleh.. Namun ada pengecualian yaitu pada pertengahan malam sebelum subuh. Itu pun ada syaratnya "hanya mengumandangkan adzan saja tanpa dilanjutkan iqomah"
Referensi:
I'anah ath-tholibin, juz: 1, hal: 273
📒 اعانة الطالبين ـ ج: ١ ـ ص: ٢٧٣
(ووقت) أي دخوله (لغير أذان صبح) لان ذلك للاعلام، فلا يجوز ولا يصح قبله.
أما أذان الصبح فيصح من نصف ليل.
-----------------
(قوله: ووقت) أي وشرط فيهما وقت، وهو في الإقامة عند إرادة فعل الصلاة أداء أو قضاء، وفي الأذان المضروب لها شرعا، فيصح في أي جزء منه.
والأفضل وقوعه في وقت الاختيار.
(وقوله: أي دخوله) أفاد به أن في الكلام مضافا محذوفا، والمراد دخوله ولو بحسب الواقع.
فإذا هجم وأذن جاهلا بدخوله وصادفه أجزأ، والفرق بينه وبين التيمم والصلاة حيث لا يصحان حينئذ، وإن تبين وقوعهما في الوقت توقفهما على نية، بخلافه.
ومثل الصلاة خطبة الجمعة على المعتمد، لأنها قائمة مقام ما يتوقف على نية، إذ هي في مقام ركعتين.
(قوله: لأن ذلك الخ) علة لاشتراط دخول الوقت فيهما.
واسم الإشارة عائد على المذكور من الأذان الإقامة.
(وقوله: للإعلام) أي بالصلاة، أو بالوقت، على الخلاف المار.
ولا معنى للإعلام قبل دخول وقتها.
(قوله: فلا يجوز الخ) تفريع على اشتراط الوقت.
أي فلا يجوز كل من الأذان والإقامة ولا يصح قبل دخول الوقت، أي للتلبس بعبادة فاسدة، ولأنه قد يؤدي إلى التلبيس على غيره، ويكون صغيرة لا كبيرة.
ومثل وقوعهما قبله وقوعهما بعده، فلا يجوز أن كانت الصلاة فعلت في الوقت.
(قوله: أما أذان الصبح الخ) محترز قوله: لغير أذان الصبح.
وخرج بالأذان الإقامة، فإنها لا تصح قبل الوقت ولو للصبح.
وقوله: فيصح من نصف ليل أي شتاء كان أو صيفا، لما صح أنه - صلى الله عليه وسلم - قال: إن بلالا يؤذن بليل فكلوا واشربوا حتى يؤذن ابن أم مكتوم.
وحكمته أن الفجر يدخل وفي الناس الجنب والنائم فجاز بل ندب تقديمه ليتهيؤا لإدراك فضيلة أول الوقت.
2.👤 Mengapa anak bayi saat baru lahir itu di kumandangkan adzan pd telinga kanan n iqomat pd telinga kirinya?? demikian pula orang yang hedak d kuburkann??
☘disebutkan dalam hadist riwayat imam Tirmidzi
📕 يستحب أن يؤذن في الأذن اليمنى للمولود وأن يقيم في أذنه اليسرى وذلك حين يولد، لحديث عبيد الله بن أبي رافع عن أبيه رضي الله عنه قال: رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أذن في أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة رضي الله عنهما رواه الترمذي وقال: هذا حديث صحيح والعمل عليه - أي: عند العلماء- ورواه أحمد وأبو داود والحاكم والبيهقي وغيرهم. .
Di sunahkan meng Adzani bayi ketika baru lahir pada telinga kanan dan meng iqomahi pada telinga kiri bayi, _karena ada hadits yang di riwayatkan ubaidillah bin Abi Rofi' 'an abihi R.A beliau bercerita bahwasanya menyaksikan ketika Kanjeng nabi Muhammad SAW meng Adzani Hasan bin Ali ketika baru di lahirkan fatimah R.A
_Di riwayatkan oleh imam Tirmidzi RA,bahwasnya ini adalah hadits shohih.dan dapat di amalkan menurut para ulama' & hadits ini juga di riwayatkan oleh *Imah Ahmad ,Abu Daud,Hakim,Baihaqi ,Dan selain Mereka
👶🏽👶🏼Bayi yang baru lahir di adzani ditelinga kanan dan diiqomahi di telinga kiri dimaksudkan agar jin yg mengikuti bayi tersebut(ummu sibyan)tdk memberi efek negatif pada jabang bayi n supaya agar pertama kali yg d dengar dan mengetuk pendengarannya berupa kalimat tauhid*. Sebagai mana seorang mayyit d talqin ktka keluar dari dunia yg fana ini.
📗 في ( تحفة الودود في أحكام)
المولود) وترجم فيه بقوله: (استحباب التأذين في أذن المولود، والإقامة في أذنه اليسرى) ثم أبدى ابن القيم الحكمة في ذلك فقال: سر التأذين - والله أعلم- أن يكون أول ما يقرع سمع الإنسان كلمات الأذان، المتضمنة لكبرياء الرب وعظمته، والشهادة التي هي أول ما يدخل بها في الإسلام، فكان ذلك كالتلقين للطفل شعار الإسلام عند دخوله إلى الدنيا، كما يلقن كلمة التوحيد عند خروجه منها. وغير مستنكر وصول التأذين إلى قلبه وتأثره به وإن لم يشعر، مع ما في ذلك من فائدة أخرى: وهي هروب الشيطان من كلمات الأذان، وهو كان يرصده حتى يولد فيقارنه للمحنة التي قدرها الله وشاءها، فيسمع شيطانه ما يضعفه ويغيظه أول أوقات تعلقه به. وفيه معنى آخر وهو أن تكون دعوته إلى الله وإلى دينه الإسلام وإلى عبادته سابقة على دعوة الشيطان، كما كانت فطرة الله التي فطر الناس عليها سابقة على تغيير الشيطان لها ونقله عنها، ولغير ذلك من الحكم. والله سبحانه أعلم .
3. 🗣Mengumandangkan Adzan untuk si mayyit yg
hendak dikubur
Mengumandangkan adzan untuk mayyit yang akan dikubur bukan termasuk sunnah (Kitab Ianatut Thalibin 1/230)
📘 وَاعْلَمْ أَنَّهُ لاَ يُسَنُّ الأَذَان عِنْدَ دُخُولِ القَبْرِ، خِلاَفًا لِمَنْ قَالَ بِنِسْبَتِهِ قِيَاسًا لِخُرُوجِهِ مِنَ الدُنْيَا عَلَى دُخُولِهِ فِيْهَا. قَالَ إبنُ حَجَرٍ: وَرَدَدْتُهُ فِى شَرْحِ العُبَابِ، لَكِنْ إِذَا وَافَقَ إِنْزَالُهُ القَبْرَ أَذَانٌ خَفَّفَ عَنْهُ فِى السُّؤَالِ.
♦ إِعَانَةُ الطَّالِبِيْن جُزْ 1 ص 230
Artinya:
"Ketahuilah bahwasanya adzan untuk mayit tidak disunnahkan ketika masuk ke liang kubur, berbeda dengan orang yang menishbatkan adzan karena mengqiyaskan meninggal dunia dengan lahir ke dunia. Ibn Hajar berpendapat: "Saya menolak pendapat ini dalam kitab Syarah al‘ Ubab. Tetapi ketika jenazah diturunkan ke dalam kubur bersamaan dengan dikumandangkannya adzan maka jenazah tersebut diringankan dari pertanyaan kubur".
📙 وَلاَ يُسَنُّ عِنْدَ اِدْخَالِ الْميِّتِ الْقَبْرَ عَلَى الْمُعْتَمَدِ [الشرقاوي 1/227]
Tidaklah disunatkan adzan ketika memasukkan jenazah ke liang kubur, menurut qaul mu’tamad”
🖊 قَدْ يُسَنُّ الْأَذَانُ لِغَيْرِ الصَّلَاةِ كَمَا فِي آذَانِ الْمَوْلُودِ ، وَالْمَهْمُومِ ، وَالْمَصْرُوعِ ، وَالْغَضْبَانِ وَمَنْ سَاءَ خُلُقُهُ مِنْ إنْسَانٍ ، أَوْ بَهِيمَةٍ وَعِنْدَ مُزْدَحَمِ الْجَيْشِ وَعِنْدَ الْحَرِيقِ قِيلَ وَعِنْدَ إنْزَالِ الْمَيِّتِ لِقَبْرِهِ قِيَاسًا عَلَى أَوَّلِ خُرُوجِهِ لِلدُّنْيَا لَكِنْ رَدَدْته فِي شَرْحِ الْعُبَاب ِ وَعِنْدَ تَغَوُّلِ الْغِيلَانِ أَيْ تَمَرُّدِ الْجِنِّ لِخَبَرٍ صَحِيحٍ فِيهِ ، وَهُوَ ، وَالْإِقَامَةُ خَلْفَ الْمُسَافِرِ
“Terkadang adzan disunahkan untuk selain salat, seperti adzan di telinga anak yang lahir, orang yang kesusahan, orang yang pingsan, orang yang marah, orang yang buruk etikanya baik manusia maupun hewan, saat pasukan berperang, ketika kebakaran, dikatakan juga ketika menurunkan mayit ke kubur, dikiaskan terhadap saat pertama datang ke dunia. Namun saya membantahnya di dalam kitab Syarah al-Ubab. Juga disunahkan saat kerasukan jin, berdasarkan hadis sahih, begitu pula adzan dan iqamah saat melakukan perjalanan” (Tuhfatul Muhtaj)
Sebagai Tambahan:
📥Dusunnahkan untuk si mayyit:
Adzan tdk disunnahkan, tp ada lafadz tersendiri untuk si mayyit yg akan dikuburkan (Bujairomi):
📩 " ويقول " قوله: (باسم الله) أي: أدخله باسم الله ومات على ملة رسول الله، أو: أدفنه على ملة رسول الله، كما قرره شيخنا العشماوي قال شيخنا الحفني: وقد ورد أن من قيل له ذلك عند دفنه رفع الله عنه العذاب أربعين سنة، وتسن زيادة الرحمن الرحيم كما في المناوي؛ لأن الرحمة مناسبة للمقام
💁🏻♂Di kitab lainnya
Ibnu Hajar secara khusus menjelaskan masalah ini:
🛃 ( وَسُئِلَ ) نَفَعَ اللَّهُ بِهِ بِمَا لَفْظُهُ مَا حُكْمُ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ عِنْدَ سَدِّ فَتْحِ اللَّحْدِ ؟* ( فَأَجَابَ ) بِقَوْلِهِ هُوَ بِدْعَةٌ وَمَنْ زَعَمَ أَنَّهُ سُنَّةٌ عِنْدَ نُزُولِ الْقَبْرِ قِيَاسًا عَلَى نَدْبِهِمَا فِي الْمَوْلُودِ إلْحَاقًا لِخَاتِمَةِ الْأَمْرِ بِابْتِدَائِهِ فَلَمْ يُصِبْ وَأَيُّ جَامِعٍ بَيْنَ الْأَمْرَيْنِ وَمُجَرَّدُ أَنَّ ذَاكَ فِي الِابْتِدَاءِ وَهَذَا فِي الِانْتِهَاءِ لَا يَقْتَضِي لُحُوقَهُ بِهِ .
♦ (الفتاوى الفقهية الكبرى - ج 3 / ص 166)
“Ibnu Hajar ditanya: Apa hukum adzan dan iqamat saat menutup pintu liang lahat? Ibnu Hajar menjawab: Ini adalah bid’ah. Barangsiapa yang mengira bahwa adzan tersebut sunah ketika turun ke kubur, dengan dikiyaskan pada anak yang lahir, dengan persamaan akhir hidup dengan permulaan hidup, maka tidak benar. Dan dari segi apa persamaan keduanya? Kalau hanya antara permulaan dan akhir hidup tidak dapat disamakan” (al-Fatawa al-Fiqhiyah al-Kubra 3/166)
Tentu yang dimaksud bid’ah disini tentu bukan bid’ah yang sesat, sebab Ibnu Hajar ketika menyebut bid’ah pada umumnya menyebut dengan kalimat “al-Madzmumah”, atau “al-Munkarah” dan lainnya dalam kitab yang sama. Beliau hanya sekedar menyebut bid’ah karena di masa Rasulullah Saw memang tidak diamalkan.
📚 Sumber Refrensi
♦ I'anah ath-tholibin.Juz:1 Hal:273
♦ H.R Tirmidzi R.A
♦ Tuhfatul wudud Juz:2 Hal:84
♦ I'anah ath-tholibin Juz:1 Hal:230
♦ Syarkowi Juz:1 Hal:227
♦ Tuhfatul Muhtaj
♦ Al Bujairomi
♦ Al Fatawa Al Fiqhiyah Al Kubro Juz:3 Hal:166
MUHIMMAT
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Kesimpulan ini kami buat berdasarkan hasil diskusi dari semua anggota *WAG SANTRI INDONESIA*
Dan tidak semuanya bisa di jadikan rujukan hukum
Kekurangan hanya milik kami,dan kesempurna'an hanyalah milik Alloh SWT
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
( WAG Santri Indonesia )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar