MATERI DISKUSI
Selasa, 13 Juni 2017
Diskripsi Masalah
Sebut saja nama pak ohang, seorang pedang angkringan yg biasa berdagang dimalam hari, pada suatu hari, pak ohang warungnya tutup pada jam 01:00, setelah di pulang dan di sambut indah oleh istrinya, nah akhirnya saking indahnya mereka melakukan hubungan badan, kemudian pak ohang ketiduran, hingga lupa mandi junub, dan bangun pada jam 08:00...
Pertanyaan
1. Apakah sah apabila pak ohang berpuasa dalam keadaan junub ?
2. Kalau sah apakah harus mandi wajib setelah bangun , atau tidak ?
3. Pak ohang juga lupa membaca niat saat malam itu, karena sibuk melayani pembeli, namun pak ohang waktu hari pertama puasa sudah berniat untuk berpuasa 30 hari penuh?
( WAG Santri Indonesia )
🌺 Jawaban 🌺
عن عائشة َ وأمِّ سلمة رضي الله عنهما: أنَّ النبي َّ صلى الله عليه وسلم كان يُصبح جُنُبًا من جماعٍ ثم يغتَسِلُ ويصوم (متفق عليه)، وزاد مسلم في حديث أم سلمة: ولا يقضي.
روى مالك في الموطأ وأحمد وأبو داود وغيرهم عن عائشة أنَّها قالت: إن رجلا قال لرسول الله صلى الله عليه وسلم وهو واقف على الباب -وأنا أسمع-: يا رسول الله، إني أصبح جنبا، وأنا أريد الصيام َ؟ فقال صلى الله عليه وسلم: “وأنا أُصبح جُنُبًا وأنا أريد الصيام، فأغْتسِلُ وأصوم” فقال له الرجل: يا رسول الله، إنك لست مثلنا! قد غَفَرَ الله لك ما تقدَّم من ذنبك وما تأخر، فغضب رسول الله صلى الله عليه وسلم وقال: والله إني لأرجو أن أكون أخشاكم لله، وأعلمكم بما أتقي.
Dari Aisyah dan Ummu Salamah radhiyallahu ‘anhuma: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memasuki waktu subuh dalam keadaan junub karena berjima’. Kemudian (setelah waktu subuh tiba) beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mandi dan berpuasa.”
(HR. Bukhari dan Muslim)
📖 Dalam riwayat Muslim yang diriwayatkan dari Ummu Salamah, ada tambahan redaksi hadits : Dan beliau tidak meng-qadha (puasa pada hari tersebut).”
📖 Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam kitab Al-Muwaththa’ dan selain beliau meriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa dia (Aisyah) berkata : Seorang lelaki berhenti di pintu lalu berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedangkan aku ikut mendengar, ‘Wahai Rasulullah, aku masih junub ketika masuk waktu subuh, padahal aku ingin berpuasa.’
Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Aku juga pernah pada subuh, tengah junub dan aku ingin berpuasa. Maka aku pun mandi dan berpuasa.’
👳🏻♀Laki-laki itu berkata lagi : Wahai Rasulullah, Anda tidak sama seperti kami. Allah telah mengampuni dosa-dosa Anda yang telah lampau maupun yang akan datang.’
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun marah, dan beliau bersabda, ‘Demi Allah! Aku sangat berharap agar aku menjadi orang yang paling takut kepada Allah dibandingkan kalian semua. Aku yang paling tahu dengan aturan yang bisa membuat aku bertakwa.
menunda mandi junub atau mandi wajib hingga melampau batas waktu sahur atau hingga terbit Fajar tidaklah mempengaruhi sah tidaknya puasa.
🍃 1. sah, baik junubnya dgn hubungan badan, atw pun haid / nifas.
🍃 2. wajib mandi, karna ia dalam keadaan hadats.
🍃 3. tdk sah, tiap hari harus niat. karna tiap hari puasa merupakan ibadah tersendiri, puasa - batal. jadi perlu niat lagi. bagaikan sholat, dimulai dgn takbir - salam. jika udh salam, udh batal sholatnya. perlu niat baru untuk sholat berikutnya. sperti itulah puasa, perlu niat lagi untuk puasa keesokan hari
📖 Ibaroh:
1. dalam kitab mughni, bab haid:
ﻓﺈﺫا اﻧﻘﻄﻊ ﻟﻢ ﻳﺤﻞ ﻗﺒﻞ اﻟﻐﺴﻞ ﻏﻴﺮ اﻟﺼﻮﻡ
jika darah terhenti maka belum halal apapun (baca quran, masuk masjid dll) sebelum mandi, kecuali puasa.
3. dalam kitab mughni, bab puasa:
ﻭﻻ ﺑﺪ ﻣﻦ اﻟﺘﺒﻴﻴﺖ ﻟﻜﻞ ﻳﻮﻡ ﻟﻈﺎﻫﺮ اﻟﺨﺒﺮ؛ ﻷﻥ ﺻﻮﻡ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﻣﺴﺘﻘﻠﺔ ﻟﺘﺨﻠﻞ اﻟﻴﻮﻡ ﺑﻤﺎ ﻳﻨﺎﻗﺾ اﻟﺼﻮﻡ ﻛﺎﻟﺼﻼﺓ ﻳﺘﺨﻠﻠﻬﺎ اﻟﺴﻼﻡ
Kelas D
Jawaban:
Tetap Sah puasanya
ويحرم على الجنب خمسة اشيأ الصلاة وقرأةالقران ومس المصحف وحمله والطواف والللبث فى المسجد
Perkara yg diharamkan bagi orang junub
1. Membaca al quran
2. Memegang mushaf al quran
3. Membawa mushaf al quran
4. Thowaf
5. Berdiam diri dimasjid
Tdk ada larangan berpuasa pada org junub
📙 Referensi.. Fathul Qorib
Disebutkan di atas refrensi di kitab taqrib ttg larangan bagi orng yg junub. Jadi, tetap lanjut puasanya dalam artian dia dalam keadaan lupa yg mana dia jima' dgn istrinya dan bangu dlm keadaan sdah kesiangan. Maka dia ttap harus lanjut puasa karena tdk batal.
Referensi :
موعظة المؤمنين للشيخ محمد جمال الدين القاسمي. ص : ٦٠
(الرابع) اﻹمساك عن الجماع فإن جامع ناسيا لم يفطر، و إن جامع ليلا أو احتلم فأصبح جنبا لم يفطر
"(Keempat) dr fardhu puasa yakni menahan diri dr hubngan intim (jima'). Apabila sseorang jima' dlm keadaan lupa maka tdk batal puasanya. Dan apabila jima' di malam hari atau ihtilam (mmpi basah) kemudian dia statusnya mnjadi orang yg junub, maka tdk batal puasanya".
2. Ya, harus langsung mandi wajib. Krna yg jadi masalah itu sholatnya. Kalu puasanya lanjut gg da masalah yg jadi maslah sholatnya yg fait (trtinggal). Sdangakan, tata caranya bagian2 lipatan itu diusap saja.. begini dgn cara menghilangkan najisnya trlebih dahulu baru mmbasahi sluruh badan dan khusus utk lipatan2 itu diusap saja
و اعلم أن تقديم ازالة النجاسة شرط لصحة الغسل فلو كان على بدنه نجاسة فغسل بدنه بنية رفع الحدث و ازالة النجس طهر عن النجس
"Ketahulah bahwasanya mendahulukan mnghilangkan najis adlah syarat keabsahan mandi. Apabila trdapat najis di badan kemudian mmbasuh badan dgn niat mnghilangkan hadas dan najis maka telah suci dr najis."
📙 Referensi : kifayatul akhyar hal 39
3. Tetap lanjut puasanya. Karena itu sdh diantisipasi oleh niat puasa kullyah (smua hari) jadi jika lupa ttap boleh lanjut .
فلو نوى أول ليلة من رمضان صوم الشهر كله لم يكف لغير اليوم الاول لكن ينبغي له ذلك ليحصل له ثواب صوم رمضان ان نسي النية في بعض ايامه عند القائل بأن ذلك يكفي.
"Apabila sseorang niat di malam pertma blan romadon niat ksluruhan hari maka blum mncukupi utk hari yg laen, akan tetapi seyogyanya baginya dlm mnyikapi hal yg demikan utk niat guna utk mnghasilkan pahala puasa romadon baginya, bahwa lupa niat di sbagian hari romadon mnurut pngarang kitab telah mncukupi niatnya ...
📙 Referensi : al minhaj al qowim, krngan syekh syihabudin ahmad bin hajar al haitami al makki asy syafii .hal : 110
Wallahu a'lam
============================
Referensi:
📚 Fathul Qorib
📚 Kifatayul Akhyar Hal 39
📚 Al Minhaj Al Qowim, Karangan Syekh Syihabudin Ahmad bin Hajar Al Haitami Al Makki As-syafii, Hal: 110
( WG Santri Indonesia )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar